Saturday, 26 July 2014

Sapuan kuas pelukis yang memperindah dunia

Seni lukis merupakan salah satu jenis seni tertua dalam sejarah manusia. Sejak zaman Prasejarah, nenek moyang manusia telah membuat lukisan di dinding gua untuk menggambarkan tentang kehidupan saat itu. Alat yang digunakanpun masih sederhana, seperti arang, kapur dan bahan alami lainnya.

Salah satu teknik gambar yang terkenal adalah menempelkan tangan di dinding gua, lalu menyemburkannya dengan daun-daunan berwarna atau batu mineral berwarna. Manusia purbakala adalah seniman-seniman pertama di muka bumi dan sejak itulah kegiatan menggambar dan melukis mulai condong menjadi kegiatan seni.

Seiring dengan berkembangnya zaman, berbagai aliran lukis muncul seperti surealisme, kubisme, impresionisme, ekspresionisme, abstrak, naturalisme, hingga seni lukis kontemporer. Perkembangan seni lukis juga berbanding lurus dengan lahirnya para pelukis dan maestro-maestro pada masing-masing aliran.

Indonesiapun memiliki maestro di bidang lukis

Bukan hanya negara barat yang memiliki maestro di bidang lukisan, Affandi Koesoema adalah seorang pelukis yang dikenal sebagai seorang Maestro Seni Lukis Indonesia, ia adalah pelukis Indonesia yang juga terkenal di dunia internasional, berkat gaya ekspresionisnya yang khas. Pada tahun 1950an, ia mengharumkan nama Indonesia dengan banyak mengadakan pameran tunggal di India, Inggris, Eropa dan Amerika.

Bukan hanya manusia yang pandai melukis

Congo seperti halnya pelukis-pelukis lain, telah menghasilkan banyak karya. Congo berhasil menghasilkan 400 gambar dan lukisan, yang dipamerkan di Institute of Contemporary Art. Hanya satu yang membedakan dengan pelukis lain, Congo merupakan seekor simpanse kelahiran tahun 1954.

Pablo Picasso, sang Jenius Seni

Pablo Picasso adalah seorang seniman yang terkenal dalam aliran kubisme dan dikenal sebagai pelukis revolusioner pada abad ke-20. Jenius seni yang pandai membuat patung, grafis, keramik, kostum penari balet, sampai tata panggung. Pablo Picasso lahir di Malaga, Spanyol, 25 Oktober 1881, ia memiliki sifat yang selalu ingin belajar. Pablo Picasso menghasilkan 20000 karya dalam hidupnya. Pablo Picasso adalah seniman yang berkepribadian kuat, egois, dan sangat bebas. Tak heran, karya-karyanya banyak mencerminkan kepribadiannya itu.

Lukisan termahal

Lukisan karya Pablo Picasso berjudul “Nude, Green Leaves and Bust” terjual dengan harga USD 106,5 juta atau hampir sebesar 1 triliun rupiah. Lukisan yang di buat tahun 1932 tersebut, terjual melalui proses lelang dengan harga fantastis di New York, AS.

Pelukis yang sering menjadikan wanita sebagai sumber inspirasi ini lahir dengan nama yang sangat panjang, yakni Pablo (El Pablito) Diego Jose Santiago Francisco de Paula Juan Nepomuceno Crispin Crispiniano de los Remedios Cipriano de la Santisima Trinidad Ruiz Blasco y Picasso Lopez.

Si Eksentrik, Salvador Dali

Salvador Felip Jacint Dali Domenech, dilahirkan pada 11 Mei 1904, di Katolonia, Spanyol, adalah salah satu pelukis terpenting di Spanyol. Ia ter kenal dengan karya-karyanya yang surrealis. Hasil karya dikenal karena kombinasi mimpi aneh (bizzare) dan keahlian menggambar yang luar biasa.

Salvador Dali mengakui bahwa dia senang melakukan hal yang tidak biasa untuk menarik perhatian. Banyak penggemarnya yang mengkritik perilaku Dali yang tidak biasa tersebut.

Salvador Dali menapaki masa jaya pada 1928 lewat pameran ketiga karya besar lukisannya yang menyedot perhatian masyarakat. Sejak itu Salvador Dali dikenal sebagai maestro surrealisme.

Berbeda dengan kebanyakan pelukis, Salvador Dali mendapat inspirasi lukisnya melalui mimpi. Ternyata, mendapatkan inspirasi melukis melalui mimpi merupakan salah satu ciri khas pelukis aliran surrealisme. Salah satu karya Salvador Dali yang terinspirasi mimpinya adalah lukisan berjudul “Apparition of Face and Fruit Dish on a Beach”.

Karya besar Salvador Dali “The Persistence of Memory” yang menggambarkan jam meleleh di ranting pohon menjadi karya termasyhur hingga saat ini. Karya terbesar terakhirnya adalah membangun museum besar Teatro Museo di Spanyol tahun 1974, yaitu museum khusus untuk memamerkan karya-karyanya.

Posted with WordPress for BlackBerry.

Related Posts to "Sapuan kuas pelukis yang memperindah dunia"

Response on "Sapuan kuas pelukis yang memperindah dunia"