Saturday, 19 April 2014

Prediksi JAKARTA ! 2050 JAKARTA LENYAP !

banjir besar jakarta 150x150 Prediksi JAKARTA ! 2050 JAKARTA LENYAP !2050 JAKARTA LENYAP ! Tulisan seperti ini mungkin sedang banyak kita lihat, entah itu di majalah, Koran, ataupun televis. Banyak yang memprediksi seperti itu karena makin tidak teraturnya struktur kota Jakarta yang sering dilanda bencana alam karena ulah manusianya. Bencana alam yang tidak pernah lepas dari Jakarta salah satunya adalah, Banjir. Hampir sepanjang tahun 2011 dan awal 2012 ini Jakarta selalu hujan. Dan adapun dampak yang di akibatkan oleh hujan yang terus terusan yaitu banjir, bahkan ada beberapa kawasan perumahan di Jakarta ini yang sudah menjadi tempat langganan banjir seperti di Kampung Melayu, Pondok Karya Mampang Prapatan, dan lain lainnya.

Banjir yang sekarang melanda Jakarta, bukan hanya sekedar numpang “ lewat “, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau yang biasa kita kenal dengan sebutan BMKG, memastikan cuaca ekstrim yang terjadi di Jakarta atau Indonesia akan terus berlangsung hingga tahun 2012, dengan curah hujan di atas normal. Hasil penelitian Climate Change Vulnerable Index yang disusun oleh Maplecroft, perusahaan penasihat risiko global yang berdomisili di Inggris, menyebutkan bahwa Indonesia adalah salah satu Negara di Asia yang berisiko extrim terhadap perubahan iklim selama 30 tahun ke depan.

Dengan keadaan seperti ini, wajar jika kita memperkirakan kondisi Jakarta bakal “ tenggelam “. Ahmad Safrudin dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia telah membuat prediksi pada tahun 2050, 90% wilayah Jakarta terendam banjir. Kurangnya perhatian masyarakat yang masih terus membuang sampah sembarangan, penebangan hutan secara sembarangan, dan kurangnya penghijauan, dan di dukung dengan perubahan cuaca extrim yang terjadi di Jakarta atau Indonesia, hal tersebut mungkin saja terjadi. Tak hanya Jakarta yang terancam tenggelam, sejumlah pulau lain pun diperkirakan demikian. BMKG sendiri memperkirakan dalam 100 tahun terakhir suhu bumi naik satu derajat Celsius, sehingga permukaan air laut meningkat.

Adapun 2 penyebab banjir besar yaitu :

-          Tanah Turun: Penyedotan air tanah yang berlebihan menyebabkan terjadinya penurunan tanah.

-          Air Laut naik: Banjir besar juga disebabkan oleh naiknya permukaan air laut sebagai efek pemanasan global.

Permukaan air laut Indonesia naik setinggi 0,8 cm tiap tahun (Greenpeace). Ditambah lagi, penduduk makin banyak dan beban bangunan di atas tanah makin berat.

Kenaikan permukaan air laut tahunan Jakarta rata-rata 0,57 cm (Pusat Studi Oseanografi Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian Institut Teknologi Bandung, 1995-2003).

JANGAN SAMPAI, SETELAH IBU KOTA BENAR-BENAR TENGGELAM KITA BARU TERSADAR UNTUK MENGUBAH GAYA HIDUP !!

Tag :perubahan bumi tahun 2050 | tahun 2050 |

Related Posts to "Prediksi JAKARTA ! 2050 JAKARTA LENYAP !"

Response on "Prediksi JAKARTA ! 2050 JAKARTA LENYAP !"